Wednesday, September 9, 2015

Apa saja pemicu sel kanker dalam paru manusia ?

pemicu sel kanker dalam paru -paru  manusia

Hi Guys Kali ini saya akam membahas dan sedikit memberikan informasi mengenai penyebab kanker dalam paru manusia.Memang banyak sekali di jaman sekarang  penyakit - Penyakit yang susah di mengerti.Tanpa kita sadari makanan atau minuman yang kita konsumsi setiap hari bisa menjadi pemicu penyakit ganas.dan juga karena faktor cuaca dan kebiasaan atau pola hidup yang salah dapat memicu datangnya penyakit kedalam tubuh kita.oleh karena itu kita sangat di anjurkan untuk bisa menjaga pola makan yang baik dan olah raga secara teratur.Agar tubuh kita selalu dalam keadaan baik dan stabil. 
Rokok. Lebih dari 80% penyebab kanker paru di dunia adalah tembakau dan kandungan zat berbahaya lainnya yang tersimpan dalam sebatang rokok. Bahan-bahan yang digunakan itu merusak sel paru, mengendap, hingga akhirnya memicu sel kanker.
Bahaya mengancam tidak hanya perokok aktif, melainkan juga mereka yang tidak merokok namun sering terpapar asap rokok.
Radon. Gas radioaktif ini dapat meningkatkan resiko kanker paru pada penderitanya. Bahkan dapat meningkatkan resiko tumor paru yang kedua. Kebanyakan orang yang terpapar akan merasakannya di usia 50 tahun ke atas.
Polusi udara. Faktor resiko ini pun cukup berpengaruh memicu sel kanker paru. Udara yang tidak bersih di kawasan industri dan kota-kota besar dapat berasal dari cerobong asap pabrik, limbah, dan asap sisa pembakaran mesin kendaraan.
Kanker paru yang dini tidak menunjukkan gejala. Namun seiring pertumbuhan kanker tersebut, beberapa gejala umumnya meliputi:
• Batuk yang memburuk dan tidak pernah sembuh
• Kesulitan bernafas, seperti kehabisan nafas atau sesak nafas
• Sakit di dada secara konstan
• Batuk darah
• Suara yang serak
• Merasa letih setiap saat
• Kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas
Tes skrining membantu dokter menemukan kanker secara dini. Beberapa metode yang digunakan sebagai tes deteksi yang tepat yaitu pemeriksaan dahak, foto rontgen dada, serta CT scan toraks. Bila gejala menunjukkan adanya perkembangan sel kanker maka perlu dilakukan tes lanjutan.
Cegah kanker paru sejak dini
Amati pohon keturunan. Ada baiknya bila menanyakan riwayat penyakit yang pernah dialami oleh anggota keluarga tertua, misalnya orangtua atau kakek dan nenek untuk tindakan pencegahan.
Hindari merokok. Terapkan disiplin mulai dari keluarga, agar kebiasaan buruk ini dapat dihindari.
Olahraga. Giat berolahraga tidak hanya menghindarkan diri dari kanker, namun dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
Bersahabatlah dengan sayuran hijau. Selain tinggi serat, sayur juga bermanfaat bagi kesehatan darah. Apalagi dalam sayur hijau, terkandung klorofil dan 13 jenis komponen flavonoid yang dapat bertindak sebagai antioksidan dan antikanker.
Nara Sumber : dr. Immanuel Tarigan, Sp.P

No comments:

Post a Comment