Saturday, September 12, 2015

Dampak Kemarau Panjang, Kota Bekasi Akan Gelar Shalat Istisqo

Dampak kemarau panjang

Kota Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi mengajak warga masyarakat Kota Bekasi mengikuti Shalat Istisqo atau Shalat meminta hujan yang rencananya akan dilaksakana pada Sabtu 12 September 2015 di Alun-Alun Kota Bekasi sekitar pukul 06.30 WIB.  Digelarnya shalat Istisqo ini sebagai upaya umat muslim di Kota Bekas meminta hujan kepada Allah SWT.

Rencana tersebut disampaikan saat rapat antara Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu dengan sejumlah alim ulama dan MUI Kota Bekasi di ruang Wakil Walikota Bekasi, Rabu, (9/9). Dalam kesempatan itu, dihadiri Ketua MUI KH Mursyid Kamil dan sejumlah tokoh agama di Kota Bekasi. 

Dalam rapat tersebut disampaikan persiapan dan waktu pelaksanaan Sholat Istisqo hingga lokasi pelaksanaan ditetapkan di Alun-alun Kota Bekasi. Jumlah jamaah yang ditargetkan hadir sebanyak 3000 jamaah yang berasal unsur  organisasi masyarakat  islam, pondok pesantren, pelajar dan warga masyarakat. Se-Kota Bekasi.

Seperti diketahui, beberapa bulan terakhir musim kemarau melanda di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Kota Bekasi. Musim kemarau juga mengakibatkan kekeringan air salah satunya di wilayah Bekasi Utara. Pemerintah melalui BPBD Kota Bekasi juga telah mengirimkan bantuan air bersih di empat RW Bekasi Utara yakni  RW 2, 3,4, dan RW 18 di Teluk Pucung dan pengoperasian tambahan pelayanan air bersih melalui sumur artesis di Bantargebang. 

"Musim kering kita tambah operasikan sumur artesis di Bantar Gebang dari yang hanya satu jam menjadi dua jam operasional antara pagi dan sore hari," ucap Ahmad Syaikhu dalam rapat tersebut. 

Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu mengatakan pihaknya mendapatkan rekomendasi dari MUI Kota Bekasi untuk mengadakan Sholat Istisqo bersama seluruh warga untuk meminta hujan. Ia berharap melalui Shalat Istisqo meningkatkan kepedulian terkait bencana kekeringan.

“Kita bisa merasakan hal yang sama dan bersama-sama memanjatkan doa agar segera diturunkan hujan. Sekaligus menjadi momentum suasana menyatukan kita, bersilaturahmi seluruh lapisan masyarakat, ormas, pesantren, yayasan sehingga menjadi modal untuk kedepan juga saling memudahkan pada proses pembangunan,” harap Wakil Walikota Bekasi H Ahmad Syaikhu. 

No comments:

Post a Comment